Sejarah Perkembangan Seni Lukis Kaca /Kerajinan Kaca Lukis di Indonesia

Contoh Lukisan Kaca Patri Motif Fauna

Tentang Seni Kaca Lukis

Mengenal Seni Kaca Lukis

Seni kaca lukis merupakan salah satu kesenian yang sangat ppuler di indonesia. Banyak pengrajin kaca hias yang berlomba-lomba untuk membuat seni lukis kaca. Produk seni lukis kaca juga sudah banyak di kenal di daerah cirebon. Bahkan kota cirebon telah dikenal sebagai sentral seni lukis yang dikarenakan banyak sekali pengrajin seni lukis kaca berkumpul disana. Lukisan kaca cirebon memiliki peran spiritual oleh pemiliknya. Maksudnya, peran spiritual tersebut adalah bahwa seni lukis kaca cirebon di buat seperti hiasan kaligrafi dengan menggunakan kaca cirebon.

Pada bahasan artikel kali ini akan di bahas mengenai seni kaca luki secara teroitis dan juga sejarahnya. Pada saat ini perkembangan seni lukis kaca sangatlah baik dan juga mulai dikenal oleh kalangan masyarakat. Banyak yang ingin membuat rumahnya terlihat bagus dengan seni lukis kaca sehingga harga jualnya pun beragam. Apabila melihat dari sisi harga, harga jual kaca hias di patok dari ingkat keurmitan pembuatan.

Sebagai contohnya saja harga jual kaca patri minimalis bisa saja lebih murah daripada harga kaca patri untuk jendela karena tingkat keurmitan kaca patri jendela berbeda dnegan tingkat kerumitan kaca patri minimalis. Dan hal tersebut yang menjadikan parameter harga mengapa harga jual kaca patri jendela lebih mahal dari pada kaca patri minimalis.

Mengenal lebih jauh tentang lukisan kaca, lukisan kaca adalah sebuah karya seni yang indah dan memiliki makna yang di buat di atas permukaan kaca. Memang saja sekilas pengertian lukisan kaca tersebut terlihat sederhana namun di balik itu semua, lukisan kaca memiliki keindahan yang sangat megah dan juga akan membuat rumah menjadi terlihat elegan. pada zaman dahulu lukisan kaca diterapkan di dalam rumah rumah para bangsawan sehingga akan membuat rumah para bangsawan terlihat megah.

Baca juga: CONTOH MOTIF KACA HIAS POPULER

Faktor Harga Kaca Lukis

Perbedaan media lukis menyebabkan bahan alami dari cat yang digunakan untuk melukis kaca berbeda dengan cat yang digunakan untuk melukis kanvas. Karena daya tahan dan keindahan warna yang dihasilkan juga berbeda dengan cat yang digunakan pada media kanvas. Pengertian seni lukis kaca tidak hanya berpengaruh pada bahannya, terdapat pula perbedaan teknik pembuatan pada daerah yang menekuni seni ini seperti daerah cirebon. Sebagai contohnya saja di daerah solo teknik melukis di peruntukkan di media kanvas, namun berbeda dengan media kaca dengan cara melukis pada bagian belakang kaca.

BACA JUGA:  Jenis, Tebal dan Ukuran Kaca Standar

Nah dari sini sudah dapdat diambil kesimpulan bahwa melukis pada media kaca harus memiliki skill atau tingkat ketekunan yang sangat tinggi karena melukis pada media kaca dengan teknik terbalik bukanlah hal yang mudah untuk diterapkan. Harga jual yang dipatok juga dapat di lihat dari tingkat kesulitan pemuatan kaca lukis. Tingkat pembuatan yang sangatlah sulit akan membuat harga jual juga berbeda dna seperti yang sudah di jelaskan sebagia contohnya saja seni kaca lukis pada sebuah obyek yang berukuran kecil tentu saja akan lebih mudah apabila di

Banyak yang menjadi parameter yang menjadikannya untuk penentu harga, berbagai macam produk seni lukis kaca tentu saja memiliki ragam harga jual yang berbeda beda. Dan apabila anda melihat daftar harga kaca lukis di website ini tidak dapat menjadi patokan harga karena harga dapat berubah karena tingkat keuslitan pembuatan yang berbeda beda. Dan ketika anda mencari produk lukisan kaca yang varaitif dengan harga ragam pilihan. Untuk infomasi lebih lanjut anda dapa mengunjungi website resmi kam kacapatri.net.

Baca detail harga kaca hias di: HARGA KACA PATRI TERBARU

Sejarah Lukisan Kaca & Seni Kaca Lukis

Tentang lukisan kaca di indonesia

Berbicara tentang lukisan kaca di indonesia. Tentu saja membicarakan kota cirebon sebagai pengrajin lukisan kaca yang sudah sangat terkenal di indonesia. Awal mula sejarah lukisan kaca dimulai pada abad ke-14 ketika ditemukannya lempengan kaca. Pada saat yang kurang lebih bersamaan, di wilayah Italia pun ditemukan cara pembuatan cat. Kemudian seni lukis pun dieksplorasi atua dikembangkan sehingga menjadi seni lukis kaca. Sehingga dari sinilah seni lukis kaca lahir ke dunia. Namun banyak faktor yang menyebabkan seni lukis kaca dapat masuk ke indonesia yang mana pada abad ke-17.  Kaca menyebar ke benua Asia lewat Iran, India, China, Jepang dan kemudian Indonesia. Kerajinan lukisan kaca hias ini juga diperkirakan pertama kali memasuki Indonesia melalui pedagang China. Yang berniaga ke daerah Kota Cirebon.

Mengapa kota cirebon di pilih sebagai salah satu kota yang di istimewakan sebagai seni lukis kaca. Karena kota Cirebon memiliki nilai khusus karena merupakan wilayah yang memiliki pelabuhan di bagian Utara Jawa. Sehingga banyak Pedagang dari Arab dan juga pedagang China banyak singgah di sana.

Sehingga tempat tersebut memiliki terpaan terhadap budaya luar yang tinggi karya seni lukisan kaca sendiri diperkirakan masuk ke indonesia atau lebih tepatnya di Cirebon pada saat masa pemerintahan Panembahan Ratu.

Namun meskipun begitu banyak perbedaan pendapat antara para ahli yang satu dengan yang lainnya. Terkait masuknya seni lukis kaca yang masuk ke indonesia. Banyak yang meyakini lukisan kaca Cirebon telah ada sejak abad ke-17. Namun tidak ada bukti fisik atau bukti tertulis yang membenarkan hal tersebut.

BACA JUGA:  Seni Grafir Kaca, Logam, Akrilik dan Kayu

Belum terbukti sejak kapan dan pada abad ke berapa yang memastikan bahwa lukisan kaca cirebon masuk ke cirebon. Pada saat dahulu pelukis kaca Cirebon pada zaman dahulu enggan menorehkan nama dan tahun pembuatan lukisannya. Sehingga membuat peneliti kesulitan untuk mengetahui tahun pasti asal lukisan kaca Cirebon.

Daya Tarik Seni Kaca Patri

Salah satu seorang peneliti yang berasal dari perancis dengan nama Jerome Samuel menuturkan bahwa hasul penelitian terakhirnya pada tahun 2017 yang menyatakan bahwa lukisan kaca sebagai seni dekoratif dan menjadi populer di kalangan masyarakar Jawa pada abad ke  18 dan abad ke 19 yang berbeda dnegan pernyataan di atas tadi bahwa seni lukis kaca masuk ke cirebon pada abad ke 17. Tidak ada yang salah mengenai pernyataan seni kaca lukis karena tidak ada bukti fisik atau tertulis pada awal masuk di indonesia.

Banyak sekali yang menjadikan daya tarik dengan menerapkan kaca lukis cirebon, karena bahna yang digunakan menggunakan bahan yang sangat berbeda dengan seni lukis yang lainnya membuat seni lukis kaca cirebon memiliki keistimewaan tersendiri hingga daeral cirebon dijadikan sebagai sentral seni likis kaca yang berarti kota cirebon memiliki keistimewaan tersendiri terhadap seni lukis kaca yang dapat di lihat dari kualitas bahannya hingga keunikan bahannya. Tingkat kesulitas pembuatan dan bahan yang digunakan khusus yang menjadikan sebuah parameter untuk menentukan harga jual

Karya seni lukis kaca dari kaca hias cirebon juga memiliki banyak sekali jenis dan beberapa obyek yang sudah pernah di buat oleh kaca cirebon memiliki bentuk atau desain yang beragam. Beberapa diantaranya adalah seni lukis hewan, kaligrafi dan yang lainnya. Ada banyak sekali kelebihan yang mana akan anda peroleh pada saat anda menerapkan kaca hias cirebon sehingga akan membuat rumah anda menjadi terlihat indah dan megah mengingat kaca hias hanya diterapkan oleh kaum bangsawan pada zaman dahulu.

Bukti Seni Lukis Kaca Masuk Ke Indonesia

Yang menjadi salah satu bukti pasti keberadaan kaca di Indonesia adalah dari catatan transaksi VOC, Bukti tersebut berupa yaitu berupa sebuah catatan impor barang kaca dari Eropa yang tertera pada laporan tahunan VOC di kota Batavia. Benda-benda yang terbuat dari bahan dasar kaca tersebut digunakan sebagai hadiah khusus untuk raja dan sultan di Indonesia. Bukti tersebut di perkuat dengan bukti lainnya yang berasal dari catatan perjalanan seorang penjelajah Jerman tentang hobi melukis kaca yang dimiliki Sultan Sumenep pada tahun 1850an.

Terlepas dari tahun berapa atau abad keberapa , kaca hias cirebon pada saat dahulu di gunakan seabgai media dakwah. Banyak lukisan kaca hias cirebon yang digunakan untuk media dakwah seperti penulisan kaligrafi pada kaca hias cirebon. Corak utama dari sebuah lukisan Cirebon biasanya yang berupa masjid, corak Ka’bah, ataupun corak kaligrafi ayat Al-Quran dan Hadist.

BACA JUGA:  Contoh Kerajinan dari Kaca sebagai Kaca Hias Kreatif

Pekembangan Seni Kaca Lukis

Seni lukis kaca memiliki keunikan tersendiri yang mana dapat di lihat dari cara pembuatannya saja sudah terbalik dan tidak semua orang dapat membuatnya kaca seni lukis. Sekilas memnag seni lukis kac aterlihat sepele namun pengerjaannya membutuhkan ketekunan yang sangatlah tinggi dan sangat berhati-hati. Tidak semua orang dapat membuat kaca lukis karena teknik pembuatannya yang sangatlah sulit. Tingkat kesulitan dari sebuah kaca hias akan menjadi lebih sulit dan lebih menantang lagi yang disebabkan seni kaca lukis harus dapat di buat hanya dalam sekali toreh dan tidak dapat di hapus begitu saja.

Ada masih ada banyak lagi yang membuktikan bahwa yang menunjukkan nilai sosial dan religus adalah terdapatnya 42 kaligrafi peninggalan para wali. Masing masing dari 42 kaligrafi memiliki makna yang berbeda beda.

Sebagai contohnya saja lukisan kaligrafi macan ali. Lukisan yang satu ini sangat tergolong unik. Tidak hanya karena penciptanya namun juga karena asal usul dari lukisan macan ali dan gambar lukisannya. Megulas lebih dalam lagi bahwa Kerajaan Padjajaran dulunya dipercaya memiliki binatang pelindung berupa harimau gaib. Yang diberi nama Macan Ali oleh Kesultanan Cirebon. Sebagai Lambang kebesaran Keraton Cirebon telah diabadikan dalam bentuk lukisan kaligrafi. Dengan kalimat syahadat dengan bentuk menyerupai macan.

Banyak sekali yang menjadi faktor mengapa seni kaca hias menjadi lebih sulit untuk di buat. Apabila seni kerajinan kaca lukis dbandingkan dengan seni lukis yang lainnya. Perkembangan seni kaca lukis sangatlah baik di era modern seperti saat ini. Yang mana di era modern ini penggunaan berbagai bahan dan alat juga bisa menjadi keunikan seni lukis kaca.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat seni lukis kaca ini cukup unik dan juga terbilang banyak. Apabila di bandingkan dengan pengerjaan seni lukis dari sebuah kanvas. Misalnya menggunakan glitter untuk melukiskan kemilau perhiasan, cat outliner 3D untuk memberi efek timbul yang tegas pada sebuah batu, bahkan ada juga pula lukisan kaca yang menggunakan batu permata yang diharapkan dapat memberikan efek yang lebih bagus lagi pada seni lukisan kaca.

Pengrajin Kaca Lukis Indonesia

GUDANG ART DESIGN merupakan salah satu pengrajin kaca hias yang telah berdiri sejak 1999, Dan jika Anda ingin langsung memesan produk kerajinan kaca patri, bisa langsung menghubungi kami di nomor ini:

Telp /WA: 0812 6632 1414

Atau langsung klik dibawah ini untuk chat menggunakan WhatsApp

Sejarah Perkembangan Seni Lukis Kaca /Kerajinan Kaca Lukis di Indonesia
4.8 (95%) 8 votes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *